Seri Pertanyaan Wawancara

Seri Pertanyaan Wawancara

Aurino Djamaris, Universitas Bakrie

Coba ceritakan Tentang Diri Anda?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan oleh pewawancara. Walaupun pertanyaan ini sederhana, namun, sebagai yang pertama, maka pertanyaan ini akan membuat Anda memperoleh kepercayaan diri yang lebih baik dan membantu Anda menciptakan kesan pertama kepada  pewawancara.

Pola Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan ini maka persiapkan Jawaban dengan terstruktur mulai dari:

  1. Buat informasi singkat tentang pribadi anda meliputi  Nama dan nama panggilan, kota asal, usia dan status keluarga.
  2. Pendidikan yaitu yang menyatakan ijazah dan sertifikat  Anda TERUTAMA yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  3. Pengalaman: Sebut 3 pengalaman kerja atau organisasi yang Anda pikir paling cocok untuk pekerjaan tersebut.
  4. Tunjukkan kekuatan/keunggulan dan kelemahan Anda: Dengan cara ini maka calon pewawancara dapat  menilai Anda lebih jelas apakah Anda cocok untuk posisi yang ditawakan. Tambahkan pula 3 – 7 kekuatan dalam pendidikan, pengalaman, keterampilan dan kemampuan.

Panduan Jawaban

  1. Berikan informasi singkat dan relevan: Ingatlah bahwa Anda memiliki sedikit waktu untuk menjawab dan pertanyaan adalah pertanyaan pertama sehingga Anda yang harus mengesankan pewawancara. Oleh karena itu, coba untuk memberikan informasi yang relevan dengan posisi yang Anda tuju. Anda harus berlatih dengan pertanyaan ini di rumah. Jangan memberikan informasi yang tidak relevan dan bertele-tele. Misalnya, anda tidak perlu menceritakan prestasi anda sebagai Juara I lomba tari ketika melamar sebagai Management Trainee Perusahaan Sekuritas, karena hal tersebut tidak relevan.
  2. Jangan mengarang  informasi: Para pengusaha memiliki banyak cara untuk memeriksa ketepatan informasi yang Anda berikan. Karena pertanyaan ini adalah yang pertama, maka akan mudah bagi mereka untuk mengingat jawaban Anda.  Misalnya anda menyatakan bahwa anda sebagai Project Leader sebuah Proyek padahal anda sebagai asisten Project Leader pada poyek tersebut.
  3. Aturlah waktu Anda dengan  menjawab dalam waktu 2 – 3 menit. Trlalu panjang akan menjemukan pewawancara, namun terlalu singkat Anda dianggap tidak dapat  berkomunikasi dengan baik
  4. Berilah rincian lebih lanjut dan angka: Hal ini membuat mudah bagi pewawancara dalam menilai Anda dan mungkin membuat mereka terkesan. Misalnya, bukan hanya “membantu meningkatkan penjualan“, akan tetapi Anda dapat mencoba “membantu meningkatkan penjualan sebesar 24,7% dalam waktu 3 bulan ….
  5. Sertakan  bukti: seperti gelar, sertifikat atau penghargaan yang terlampir dalam CV atau resume Anda. Lampirkan setiap fotocopy sertifikat, ijazah  dan penghargaan yang pernah anda peroleh.

Contoh jawaban

Contoh 1:

Nama saya  Alika Mushir dan saat ini saya sedang saya koordinator Audit untuk Perusahaan Multinasional ABC  yang menggunakan pembukuannya software XYZ. Saya telah 1 tahun menggunakan software XYZ. Sejak sebelum lulus 6 bulan yang lalu saya telah berkerja sebagai internship di KANTOR AKUNTAN PUBLIK DEF. Selain itu saya juga mengerjakan proyek bersama dosen saya di Kantor Pelayanan Pajak Menteng. Tanggung jawab saya adalah sebagai koordinator Audit adalah mengaudit laporan keuangan Client dan berkomunikasi dengan klien, membagi tugas kepada anggota tim, dan mengkompilasi laporan audit di tim saya. Oleh karenanya, saya dapat mengontrol perkembangan tim saya dan meningkatkan kemandirian diri saya.

Saya mencari tantangan yang dapat meningkatkan kemampuan saya dan kesempatan yang dapat membantu proyek-proyek klien lain. Perhatian adalah kekuatan saya. Sebagai koordinator Audit, ada dua hal penting: Tenggat  & Kualitas. Jadi, saya akan mencoba yang terbaik untuk memenuhi batas waktu proyek dengan kualitas tertinggi melebihi harapan klien.

Contoh 2:

Nama saya  Aulia Mahir dan saat ini saya sedang saya Magang di Perusahaan Logistik sebagai Route Planning Coordinator. Saya telah 6 bulan di Perusahaan ini dan dalam melalukan pekerjaan saya menggunakan Roadnet® software. Sebelumnya saya magang selama 2 bulan di perusahaan Logistik Rupex sebagai staf perencanaan.  Saya pekerja keras, senang bekerja dalam Tim, akan tetapi saya juga mampu menyelesaikan pekerjaan secara individu. Saya mampu berargumentasi dengan baik, namun saya cenderung mencari solusi terbaik dengan menghidari konflik dengan orang lain.

Contoh 3:

Nama saya Amir Bachtiar, lulusan program S1 Bidang Manajemen, Universitas Bakrie dengan Nilai TOEFL 540. Di samping kualifikasi formal tersebut, saya juga memegang sertifikasi pajak. Dalam hal organisasi, saya pernah dipercaya baik sebagai pengurus maupun ketua pelaksana kegiatan. Waktu senggang yang ada biasanya saya pergunakan untuk menyalurkan hobi saya, seperti membaca buku, bersepeda dan bereksperimen dengan teknologi tepat guna. Saya tekun dan teliti, beberapa proyek pribadi dibidang teknologi sudah saya hasilkan adalah lampu tanpa minyak dan pompa air tanpa listrik yang digunakan di sekitar tempat tinggal saya.

 

Daftar Pustaka

Hery Wibowo. 2007. Fortune Favors the Ready!. Jakarta:OASE Mata Air Makna

Theresia K. Wardhani. 2008. Sukses Meraih Peluang Kerja. Jakarta: Kanisius.

http://www.indowebster.web.id/archive/index.php/t-12943.html, diunduh tanggal 5 Feb 2012

http://ayahsafa.blogspot.com/2011/10/jawaban-pertanyaan-interview-kerja_16.html, diunduh tanggal 5 Feb 2012

http://okto.silaban.net/2005/08/general/wawancara-kerjamenjawab-dengan-cerdas-taktis-dan-optimis/diunduh tanggal 5 Feb 2012

 

Masih dalam Pengembangan:

1.       Ceritakan tentang diri Anda

Biasanya ini merupakan pertanyaan pembuka, karena itu jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya. Berikan jawaban yang menjawab empat subjek: tahun-tahunterakhir, pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karir terakhir. Mulailah dengan karakter Anda, penghargaan-penghargaan yang pernah Anda terima, pendidikan, atau pekerjaan yang relevan dengan posisi yang dituju. Jangan terlalu banyak mendalam ke informasi personal kecuali informasi tersebut berhubungan dengan pekerjaanyang dilamar. Misalnya, “Saya tipe yang senang berkreativitas. Saya sudah menjadi salesmanager selama 5 tahun dan menggunakan kreativitas saya untuk menciptakan insentif-insentif unik untuk membuat para sales di bawah saya termotivasi. Karena ide-ide tersebut,tim sales saya mendapatkan banyak penghargaan dari perusahaan.”

Erina Collins, seorang agen rekruitmen di Los Angeles menyatakan seringkali ada perbedaan yang mengejutkan antara ketika kita  membaca lamaran seseorang dengan saat berhadapan dengan si pelamar.

“Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa pelamarnya juga sama optimisnya,” kata Erina. Ketika pewawancara menanyakan hal yang sederhana seperti “Di mata anda, siapa anda?” atau “Ceritakan sesuatu tentang anda”, banyak pelamar menatap pewawancaranya dengan bingung dan lalu seketika menjadi tak percaya diri.

“Saya merasa biasa-biasa saja” atau “tak banyak yang bisa saya ceritakan tentang diri saya” seringkali menjadi jawaban yang dipilih pelamar sebagai upaya merendahkan diri. Selama ini banyak artikel karir konvensional yang menyarankan agar anda sebaiknya merendahkan diri sebisa mungkin, sebagai upaya mencuri hati si pewawancara. “Tapi ini jaman modern. Jawaban yang terlalu merendah dan banyak basi-basi hanya menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakin dengan diri anda. Dan perusahaan masa kini tidak butuh karyawan seperti itu,”  tegas Erina.

Pengalaman Eliana Burthon, staf humas sebuah hotel berbintang di New York mungkin menarik untuk disimak. Ketika pewawancara memberinya satu menit untuk bercerita tentang dirinya, Eliana mengatakan “Saya Eliana Burthon, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di Koran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak, berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang musik, membaca dan traveling.Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekedar memberi referensi kaset yang sedang laris untuk koran kampus saya.”

Meski tak memberikan jawaban yang berbunga-bunga, apa yang diungkapkan Eliana tentang dirinya menunjukkan bahwa dirinya terbuka, ramah dan punya rasa ingin tahu. “Jawaban itu cerdas dan efektif untuk menggambarkan bagaimana dia menyatakan secara implisit bahwa dirinya merasa layak ditempatkan di posisi yang diincarnya. Pewawancara butuh jawaban seperti itu. Cukup singkat, tapi menunjukkan optimisme yang alamiah,” kata Erina Collins.

Kalau anda dipanggil untuk wawancara, sebisanya persiapkan diri dengan baik. Rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri adalah yang terpenting. Pewawancara tidak butuh jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api apalagi munafik. Pada kesempatan pertama, mereka biasanya ingin melihat bagaimana si pelamar menghargai diri sendiri. Sebab itu, buatlah beberapa poin tentang kemahiran anda, hal-hal yang anda sukai dan inginkan untuk masa depan anda. Kalau telah menemukan poin -poin itu, berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuah jawaban singkat yang cerdas dan optimis.

2.        “Apa kekuatan dan kelemahan Anda ?” atau 2. Apa kekurangan Anda?

Untuk menjawabnya, usahakan untuk menekankan kekuatan Anda yang sesuai dengan uraian pekerjaan yang baru ini. Samarkankelemahan Anda dan coba untuk membuat kelemahan tadi menjadi sesuatu hal yangkelihatan positif.

Ini pertanyaan yang cukup menjebak. Karena ini dilihat apakah Anda mengenal baik diriAnda sendiri, dan apakah akan ada usaha untuk memperbaiki diri. Disarankan untuk Andamencari tahu sisi positif dari apa yang akan Anda katakan. Misalnya, “Saya sangatmemperhatikan detail dan di beberapa industri, terlalu mendetail bisa membutuhkan waktulama sehingga kurang diperlukan. Namun di posisi akunting yang saya lamar ini, saya rasasaya bisa bekerja dengan baik dan nyaman.”

3.        Mengapa Anda ingin bekerja di sini?  Apa yang paling menarik menurut Anda dari pekerjaan ini? Dan apa yang palingtidak menarik?

Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, dibutuhkan kemauan untuk meneliti dan mencari tahutentang tempat yang dituju. Cari tahu sedikit tentang latar belakang perusahaan tersebut.Misal, “Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan global yang dalam satu tahun saja bisamenginvestasikan 1,4 triliun rupiah hanya untuk riset dan pengembangan proses industri yangramah lingkungan.” Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik dari pekerjaan yang anda hendak ambil dan satuhal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.

4.        Apa yang Anda ketahui tentang kami?

Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, trget, permasalahan, gayamanagemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan. Berikan jawabanyang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaantersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minatAnda terhadap hal tersebut.

5.       Apa yang dapat Anda berikan pada kami (yang orang lain tidak bisa beri)? Atau . Mengapa kami harus merekrut Anda?

Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang Anda telah capai. Sebutkan kemampuandan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-halitu. Sebutkan kemampuan Anda menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan sebutkan saja kemampuan-kemampuanAnda yang mampu mendukung perusahaan tersebut.

6.        Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?

Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yangmempersoalkan kestabilan keuangan pribadi.

7.         Menurut Anda, apa definisi dari posisi yang Anda inginkan?

Berikan jawaban yang singkat dan berkisar tentang tugas dan kewajiban. Pastikan Andamengerti posisi tersebut sebelum Anda hendak menjawab.

8.        Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagikami? Berapa lama Anda akan bersama kami?

Beri jawaban yang realistik. Beritahukan pewawancara bahwa walaupun Anda akan berusahamengatasi segala harapan dan tantangan dari hari pertama, Anda membutuhkan sekitar enam bulan untuk benar-benar mengerti organisasi perusahaan dan kebutuhannya. Beritahukan pewawancara bahwa Anda tertarik berkarir bersama perusahaan tersebut namun Anda ingin tetap tertantang untuk mencapai target bersama.

9.        Mengapa Anda tidak mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di usia Anda?

Lagi-lagi ini bisa menjadi pertanyaan jebakan. Beritahukan pewawancara bahwa inilah alasanAnda mencari lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Jangan bersikap defensif.

10.   Berapa gaji yang Anda minta?

Ini pertanyaan yang mengiurkan, namun pastikan Anda menyebutkan angka kisaran yangAnda yakin merupakan gaji yang pantas atau bertanya pada pewawancara berapa kisaran pada pekerjaan sejenis. Jika Anda diberi pertanyaan ini dari awal wawancara, sebaiknyaAnda mengelaknya dengan mengatakan Anda ingin tahu seberapa banyak tanggung jawabyang akan Anda pegang di perusahaan tersebut. Tekankan bahwa Anda lebih mementingkan pekerjaannya namun jangan menjual standar Anda.

11.    Apa target jangka panjang Anda? Seberapa sukses yang Anda rasa telah capai?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda lagi-lagi diharuskan meneliti perusahaan tersebut danmengetahui rencana dan/atau target mereka lalu memberikan jawaban yang singkron denganmilik perusahaan.  Berikan jawaban yang positif dan percaya diri, namun jangan memberikan jawaban yang berlebih. Jangan membuat pewawancara merasa Anda seorang yang suka membesar-besarkansesuatu.

12.   “Apa yang menyebabkan Anda tertarik pada pekerjaan baru ini ?”

Nah, jawabanyang terbaik, tunjukkan bahwa Anda mengenal perusahaan ini dengan baik dan akanmemberikan kontribusi yang berarti dalam beberapa proyek yang relevan dengan pekerjaanAnda di sini nantinya.

13.   “Bagaimana Anda menggambarkan diri Anda 1 tahun mendatang ?”

Jawaban pertanyaan ini dengan cara, gambarkan bahwa Anda sangat bersemangat dalam meniti karir di perusahaan ini dan bukan tak mungkin kalau suatu saat nanti Anda akan menjadi seseorangyang cukup diperhitungkan dalam perusahaan ini.

14.   “Seberapa jauh Anda mengenal perusahaan ini ?”

Untuk ini, jabarkan pengetahuanAnda tentang perusahaan ini , seperti ; tahun didirikan, produk yang dihasilkan, jasa yangdiberikan dll.

15.   “Apa yang akan Anda kontribusikan pada perusahaan ini jika Anda sukses nantinya ?”

Untuk pertanyaan ini, tunjukkan rasa antusias Anda dengan memberi contoh apasaja yang telah Anda capai di pekerjaan sekarang, misalnya ; prestasi yang pernah dicapai, bertambahnya kemampuan dll. Kesemua ini menunjukkan betapa berharganya diri Anda dengan berbagai prestasi yang Anda telah capai sehingga dapat memberi ‘keuntungan’ pada perusahaan.

16.    Apa yang Anda ketahui tentang kami?

Ketika pertanyaan ini dikeluarkan, anda diharapkan mampu mendiskusikan produk atau pelayanan, pendapatan, reputasi, pandangan masyarakat, trget, permasalahan, gayamanagemen, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan. Berikan jawabanyang memberitahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu mencari tahu tentang perusahaan tersebut, namun jangan beraksi seperti Anda tahu segalanya tentang perusahaantersebut, tunjukan keinginan mempelajari lebih banyak tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan jawaban negatif seperti “Saya tahu perusahaan anda mengalami problema-problema, itu alasan saya disini”. Tekankan keunggulan perusahaan dan minatAnda terhadap hal tersebut.

17.    Apa yang dapat Anda berikan pada kami (yang orang lain tidak bisa beri)?

Sebutkan prestasi-prestasi dan jenjang karir yang Anda telah capai. Sebutkan kemampuandan hal-hal yang menarik perhatian Anda, gabungkan dengan sejarah Anda mencapai hal-halitu. Sebutkan kemampuan Anda menentukan prioritas, mengidentifikasi masalah, dan

18.   Apa yang paling menarik menurut Anda dari pekerjaan ini? Dan apa yang palingtidak menarik?

Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik dari pekerjaan yang anda hendak ambil dan satuhal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.

19.   Mengapa kami harus merekrut Anda?

Pertanyaan ini saam seperti pertanyaan nomor empat, sebutkan saja kemampuan-kemampuanAnda yang mampu mendukung perusahaan tersebut.

20.   Apa yang Anda cari di dalam sebuah pekerjaan?

Berikan jawaban yang berkisar pada oportunitas di dalam organisasi. Beritahukan pewawancara kalau Anda ingin memberikan kontribusi dan dikenali. Hindari jawaban yangmempersoalkan kestabilan keuangan pribadi.

21.   Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk memberikan kontribusi berarti bagikami?

Beri jawaban yang realistik. Beritahukan pewawancara bahwa walaupun Anda akan berusahamengatasi segala harapan dan tantangan dari hari pertama, Anda membutuhkan sekitar enam bulan untuk benar-benar mengerti organisasi perusahaan dan kebutuhannya.

Leave a Reply