Yang Tidak Boleh dalam Menghadapi Wawancara

Yang Tidak Boleh dalam Menghadapi Wawancara

Aurino Djamaris

Bag. Soft Skills Dan Magang Universitas Bakrie

Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan atau harus dihindari dalam menghadapi wawancara/interview sebagai berikut:

1. TERLALU PERCAYA DIRI

Jangan bersikap atau terlihat terlalu percaya diri untuk diterima sehingga Anda terlihat sombong dan dianggap meremehkan persyaratan yang tertulis maupun yang tidak tertulis. Apalagi jika terkesan Anda memiliki “koneksi orang dalam” sehingga minta perlakuan khusus. Walaupun harus percaya diri namun sikap Anda tidak boleh mengundang persepsi bahwa Anda hanya mengandalkan pada bantuan “orang” untuk mendapatkan tempat magang tersebut.

2. TERLALU PESIMIS

Kebalikan dari sikap butir 1 adalah terlalu pesimis. Sikap ini membuat Anda menunjukkan tidak ada harapan dan semangat untuk memperoleh peluang magang. Orang yang percaya diri atau optimis belum tentu diterima, apalagi yang bersikap pesimis. Pada umumnya perusahaan tidak akan tertarik untuk merekrut orang-orang yang tidak percaya diri, pesimis, tidak semangat, muram dan sifat-sifat negatif lainnya.

3. TERLALU BANYAK BERTANYA

Bertanya jika tidak jelas harus Anda lakukan, namun terlalu banyak bertanya akan mengesankan Anda tidak “pintar” dalam arti tidak bisa menempatkan diri. Lebih-lebih pertanyaan itu mengundang penafsiran yang berbeda. Misalnya Anda bertanya, bagaimana kondisi keuangan perusahaan ini atau masa depan perusahaan ini sehat atau tidak. Bagi sebagian orang (pewawancara), hal ini bisa dianggap menyinggung.

4. JANGAN RENDAH DIRI.

Untuk kepentingan posisi tawar Anda, maka hindari mengeluarkan pernyataan yang negatif, tidak menguasai atau belum tahu. Beberapa contoh jawaban yang dianggap melemahkan adalah: “saya tidak mau”, “saya tidak bisa”, “saya bisa, tetapi”, dan lain-lain. Gunakan ungkapan yang memperkuat posisi tawar, yang menunjukkan bahwa Anda memang sudah siap. Jika terpaksa membuat jawaban yang menyatakan hal tersebut di atas, maka gunakan kata-kata “ Saya akan mencoba”, “Saya akan mempelajari”, dan sebagainya.

5. JANGAN MEMBANDINGKAN DENGAN PERUSAHAAN LAIN.

Jangan Anda membandingkan perusahaan yang sedang mewawancarai dengan perusahaan lainnya yang Anda ketahui. Jangan menceritakan kejelekan perusahaan atau pewawancara lain pada saat diwawancarai. Kadang kala Anda terpancing dalam pertanyaan negatif ini. Oleh karena itu agar tidak terpeleset atau terpancing, maka persiapkan jawaban atau penjelasan yang netral untuk masalah tersebut.

6. GUNAKAN NORMA YANG NORMAL

Hindari kesan tidak formal dengan menunjukkan kekurangdewasaan dalam ucapan, sikap dan tindakan. Misalnya saja ketawa tidak pada tempatnya ketika ditanya atau bertanya tentang hal-hal kecil yang mestinya tidak perlu ditanyakan.

Leave a Reply